Berita

Post Top Ad


Camping ala Peace Promotion


Sabtu, 25 Februari di gedung lantai 3 kampus Institut Pesantren Mathali’ul Falah, Pusat Studi Peace Promotion mengadakan kegiatan Training of Trainer untuk mahasiswa. kegiatan ini berlangsung dua hari mulai pukul 10.00 wib hingga minggu siang, bertujuan mencetak para Trainer yang kreatif dan siap menyebarkan 12 Nilai Dasar Perdamaian (Twelve Peace values).
Metode pembelajaran yang digunakan lebih interaktif, tidak hanya sebatas ceramah dan diskusi, pembelajaran yang diterapkan pada peace promotion adalah dengan: penjelasan kata kunci dari ayat al-qur'an atau hadis yang berkaitan dengan tema pembahasan, yang kemudian dilanjutkan pemanasan dengan simulation games, story telling atau dengan pemutaran vidio. Setelah itu, terdapat penjelasan untuk menguatkan inti dari nilai tersebut, dan yang terakhir adalah dengan membaca do'a serta hikmah. Ini sangat efektif dan mampu membangun komunikasi yang kuat antara fasilitator dan peserta.
Dalam salah satu sesi Ibu Kamilia Hamidah, MA menambahkan komentar pada pemutaran vidio pendek yang dipertontonkan untuk penguatan materi. Beliau menjelaskan “terkadang kita tidak sadar bahwa apa yang kita lakukan itu menyinggung atau bahkan menyakiti orang lain”  Selain itu materi menarik yang juga dibahas dalam kegiatan ini adalah perlunya perhatian bahwa kenyamanan kita bisa jadi adalah ketidak-nyamanan orang lain. Maka penting untuk kita memahami empati dalam berinteraksi dan bergaul dengan orang lain.
kegiatan Tot ini di pimpin oleh Rona Nisrina Ulayya, mahasiswa Prodi PMI IV sebagai ketua panitia bersama mahasiswa Prodi PGMI dan diikuti oleh 20 peserta Tot dan dipandu 8 fasilitator dari Peace Promotion.Keseruan acara ini semakin lengkap ketika para peserta disuguhi dengan pemutaran film pendek berjudul Lir Ilir karya Sarang Ide Production pada pukul 21.00 wib sebelum istirahat. Tidak hanya itu para peserta diajak untuk muqaddaman Al-qur’an selepas subuh dilanjut dengan senam pagi bersama-sama selama satu jam dihalaman kampus IPMAFA.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad