Berita

Post Top Ad


Pati, 15/April/2017 Penerbit Mizan Bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institute Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) mengadakan kuliah umum yang dikemas dengan acara bedah buku berjudul Islam Tuhan Islam Manusia. Acara ini di Narasumberi oleh Dr. Haidar Bagir selaku penulis dan  Dr. Imdadun Rahmat selaku Ketua Komnasham. Acara yang bertempat di Auditorium Lantai 2 ini dihadiri seratus empat puluhan peserta dari Mahasiswa IPMAFA dan Tamu undangan dari luar kampus.
Dalam pemaparannya Dr Haidar menjelaskan beberapa yang melatar belakangi pemberian judul buku Islam Tuhan Islam Manusia diantaranya adalah keresahan Dr. Haidar akan adanya kesalahan dalam cara kita memahami ajaran Allah SWT. Sebetulnya ada Islam Tuhan yang berada dalam lingkup Allah SWT artinya Ada Islam Tuhan tapi begitu Islam Tuhan ini sampai kepada manusia kemudian menjadi Islam Manusia, maksudnya Islam Tuhan disaring oleh Tafsir manusia atas ajaran Allah SWT agar dapat dipahami umat manusia  “ada kesalahan yang sangat mendasar dalam memahami, cara kita menangkap ajaran Allah SWT jadi  memang ada Islam Tuhan dalam arti Islam yang berada dalam lingkup Allah SWT. Yang kemudian diturunkan melalui Al-Qur’an dan juga Sunnah Rasulullah SAW, ada Islam Tuhan, tapi begitu Islam Tuhan ini sampai kepada manusia ia menjadi Islam Manusia, maksudnya ia disaring oleh Tafsir manusia atas ajaran Allah SWT” Terangnya.
Lebih lanjut Dr. Haidar menambahkan bahwa hanya Rasulullah yang dapat menangkap keinginan Allah SWT, selebihnya semua manusia biasa pemahamannya relatif sehingga tidak diperkenankan untuk satu orangpun yang melabeli tafsirannya sendiri sebagai tafsir yang paling benar atau memonopoli kebenaran. “Kalaupun ada manusia yang tidak mungkin keliru dan bisa menangkap maunya Allah SWT. dengan ajaran yang diturunkan oleh Allah, maka itu hanya Rasulullah selebihnya semua manusia pemahamannya itu relatif, pemahamannya bisa salah bisa benar, bisa benar sebagian bisa salah sebagian sehingga tidak ada satu orang pun yang boleh merasa tafsiran dialah yang paling benar” Tambahnya.
            Melalui bukunya Ini Dr Haidar juga ingin menegaskan bahwa Islam yang hadir pada kita adalah Islam yang dapat menjadikan tidak adanya permusuhan yang ada hanya persaudaraan dan menjadikan ketenangan bagi umatnya karena Islam itu Agama kedamaian. “Melalui buku ini, saya menegaskan bahwa Islam itu sejatinya agama kedamaian, agama cinta,” Tandasnya. (Rofiq)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad