Berita

Post Top Ad



     “Tujuan adanya keadministrasian ini pertama agar apapun yang kaitannya dengan surat menyurat administasi keuangan biar berjalan dengan tertib, kedua untuk mensosialisasikan kepada mahasiswa agar tau bagaimana atau apa hak dan kewajibannya, serta untuk meningkatkan kecepatan layanan,” Tutur Bapak Dr Ali Subhan MA Selaku Wakil Rektor (WR) 2 bagian administrasi keuangan pada saat Panel Interaktif tentang akademik, kemahasiswaan, administrasi, keuangan, dan kerjasama dihari pertama 28 Agustus 2017 Pelatihan Success Skills Mahasiswa Baru (PSSMB) Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) 2017 bertemakan “Generasi Milenial nasionalis, kreatif, dan transformatif”.
Beberapa yang menjadi pemaparan Bapak Ali adalah adanya dua Tata Usaha (TU) yang ada di IPMAFA yakni TU Institut dilantai 1 dan layanan administrasi TU fakultas yang berada dilantai 3.
TU 1 guna pembayaran registrasi biaya SPP dan biaya lain, jadi kalau yang berhubungan dengan pembayaran SPP, KKN, atau yang lain pembayarannya di TU Institut. Selanjutnya pengurusan beasiswa . pengurusan dispensasi pembayaran. Keterangan keuangan jadi kalau ada yang tidak jelas mengenai pembayaran dapat ditanyakan pada TU Insitut.
Selanjutnya layanan administrasi TU fakultas yang berada dilantai 3 guna pengurusan surat menyurat, surat penelitian, kunjungan. daftar hadir mahasiswa jurnal pembelajaran jadwal dan informasi perkuliahan, cuti akademik, surat keterangan mahasiswa aktif. Informasi kurikulum, mata kuliah, pembimbing akademik.

                Lebih lanjut Bapak Ali memaparkan Beasiswa yang dapat diakses mahasiswa secara umum IPMAFA menyediakan beasiswa Tahfidz Al-Qur’an dan Mahasiswa berprestasi dan kurang mampu “IPMAFA menyediakan beasiswa yang pertama adalah beasiswa prestasi, jadi nanti tiap semester  itu akan direkap IPK tertinggi tingkat fakultas dan terbaik umum, gratis SPP 100 %, kedua beasiswa program mahad tahfidz al-quran jadi yang hafal al-quran 30 juz disemak lancar gratis 100 % sampai lulus dan diuji ditiap semester sampai semester 8, serta 50 % kalo ditiap semester hafal 5 juz. Dan ada juga beasiswa prestasi dan kurang mampu, prosedurnya biasanya dari madrasah asal kepala sekolah menyatakan dengan memperlihatkan nilai yang tinggi tapi kurang mampu dari siswanya untuk melanjutkan kuliah  itu bisa direkomendasikan dari pihak sekolah” Ungkapnya.
Selain itu mahasiswa juga dapat mengakses Beasiswa dari luar kampus misalnya dari Kementrian Republik Indonesia dan lainnya. Dari pemerintah biasanya memberikan beasiswa pertama tahfidz al-quran, kedua beasiswa prestasi bagi mahasiswa yang pernah menjuarai lomba tingkat nasional maupun local, ketiga beasiswa kurang mampu, serta masih banyak akses beasiswa yang lain dengan daftar secara online dan ada surat rekomendasi dari kampus, kemudian akan keluar nama-nama yang mendapat beasiswa.
Diakhir pemaparannya Bapak Ali Menghimbau kalau ada masalah tentang administrasi keuangan untuk segera menkonsultasikan dengan komunikasi yang baik kepada WR 2 atau ke TU. (Rofiq)

No comments:

Post a comment

Post Top Ad