Berita

Post Top Ad



Di Era yang serba modern dan praktis seperti sekarang ini masalah lingkungan memang menjadi pembahasan yang tidak akan ada habisnya. Dari Litbang Depkes RI, seperti yang termaktub dalam tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) ke 15 yaitu : “melindungi, memperbarui, serta mendorong penggunaan ekosistem daratan yang berkelanjutan, mengelola hutan secara berkelanjutan, memerangi penggurunan, mengehentikan dan memulihkan degradasi tanah, serta menghentikan kerugian keanekaragaman hayati”. Maka mensosialisasikan akan pentingnya penanaman cinta lingkungan menjadi kegiatan yang wajib digalakkan.
Hal inilah yang menjadi landasan kegiatan bidang lingkungan kelompok KKN 10 desa mintorahayu kecamatan Winong. Melalui kegiatan tata ruang publikyang dilaksanakan mulai tanggal 22-27 Agustus, masyarakat diajak untuk merawat dan melestarikan lingkungan yang bersih dan sehat. Kegiatan ini meliputi bersih-bersih di balai desa bersama para perangkat desa, dan di halaman SDN Mintorahayu, TPQ Darussalam, TK PGRI dan KB Rahayu bersama anak-anak sekolah. Lalu anak-anak diajak untuk merenovasi halaman sekolah mereka dengan menata ulang dan memperbaiki pot bunga-bunga yang sudah rusak kemudian diberi pupuk sederhana dari batang pohon pisang dan serut kayu.
Tidak cukup sampai disitu, kegiatan ini juga dikerjasamakan dengan Dinas Perhutani dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Pati. Melalui singkronisasi program kerja antara kelompok KKN desa Sumbermulyo, Mintorahayu dan Pagendisan. Lembaga dinas dengan cuma-cuma memberikan bibit pohon kesambi, jambu air dan matoa, juga benih sayur-sayuran seperti tomat dan cabai. Kemudian mahasiswa KKN menindaklanjuti sebagai kegiatan penanaman dan penghijauan lingkungan bersama para perangkat desa, dan penanaman tanaman sayur bersama ibu-ibu PKK.
Kegiatan ini banyak melibatkan anak-anak karena tujuannya adalah untuk menanamkan rasa cinta kepada lingkungan sejak dini. Sebab dari observasi yang dilakukan oleh tim KKN Dasarahayu ini, ditemukan fakta bahwa lingkungan desa Mintorahayu kurang banyak pepohonan yang menjadi penghijau ditengah-tengah pemukiman. Nisa’ salah satu anggota KKN Dasarahayu mengatakan “pendidikan cinta lingkungan sangat penting diberikan kepada adik-adik, maka kami menekankan kegiatan ini dan kami kemas kegiatan ini agar sesuai dengan minat belajar adik-adik seperti bermain sambil berkebun dan bernyanyi”.(Ahmad Khoirun Niam)


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad