Enam Tips BerMedsos

Medsos merupakan hal yang hampir tidak dapat dihindari sekarang ini, khususnya bagi kalangan muda-mudi generasi milenial. Meski demikia...


Medsos merupakan hal yang hampir tidak dapat dihindari sekarang ini, khususnya bagi kalangan muda-mudi generasi milenial. Meski demikian, tidak sedikit yang kurang paham dalam memanfaatkan medsos tsb. Akhibatnya, bukan hal positif yang didapat tapi malah kerugian bahkan masalah yang datang. Padahal kegiatan medsos merupakan hal yang sangat sepele, cukup membuat status singkat, upload foto, atau sekedar berbagi link/tulisan. Sering kita dengar, keretakan dan keributan rumah tangga gara-gara seorang istri membuat status yang tidak mengenakkan bagi suami, atau tidak sedikit pula seorang dapat mendekam di penjara gara-gara menyebarkan hal yang merugikan orang lain, dan buanyak lagi cerita masyarakat yang mendapatkan masalah disebabkan status di medsosnya. Untuk itu, bagi anda yang suka memakai medsos dalam berbagi sesuatu, tidak ada salahnya memperhatikan hal-hal berikut:

1. Jangan suka berbagi berita hoax.
berita hoax merupakan berita yang tidak benar alias tidak ada faktanya, tujuannya agar mendapatkan jumlah pembaca yang banyak sehingga trafic website naik, atau karena misi tertentu untuk menggiring opini masyarakat. Berita hoax yg menggiring opini atau provokatif beresiko bagi penyebarnya. pertama penyebar dapat terkena pasal pidana atau pencemaran nama baik karena memberitakan sesuatu yang tidak benar dan merugikan pihak lain. Penyebar juga dianggap tidak kredibel meski dia seorang yang pintar secara akademis. Penyebar dianggap mudah termakan oleh berita hoax alias kebohongan. Selain itu secara agama, menyebarkan hoax sama saja dengan menyebarkan kebohongan yang dosanya besar.

2. Pertimbangkan dulu dalam mengunggah foto atau video.
Menyebar foto menjadi pekerjaan yang asyik dilakukan supaya teman yang melihat dapat mengetahui diri kita secara lebih nyata, apalagi foto tersebut di tempat yang cukup indah, bagi sebagian orang hal itu akan terasa lebih eksis. Tetapi kawan-kawan, ada hal-hal yang perlu diwaspadai dalam mengunggah foto di medsos agar Anda tidak mendapatkan hal yang negatif. Pertama: jangan terlalu suka mengunggah kemewahan-kemewahan yang anda miliki, misal sering upload pakai perhiasan emas, sedang membawa segepok uang, mengupload buku rekening yang berisi uang di bank, atau hal lain yang menunjukkan kekayaan. Selain hal itu bisa menimbulkan asumsi negatif dari teman karena anda dianggap sok pamer dan sombong, hal yang lebih penting adalah besar kemungkinan kejahatan akan mengintai anda. Tidak semua teman kita di medsos kita kenal, sangat mungkin sekali ada satu dari sekian teman medsos kita yang barangkali punya prilaku kejahatan sosial seperti mencuri, merampok, atau bahkan ada yang sakit hati sehingga ingin merugikan anda secara ekonomi.

Menyebar/mengunggah foto juga harus bijak, artinya harus mematuhi prinsip sosial dan agama. Tidak semua foto teman atau saudara kita bisa kita upload sesuka kita. Apakah kita sudah yakin foto yang kita bagikan pemiliknya tidak merasa sakit hati karena dirasa kurang elok? Misal kita menyebarkan foto kecelakaan yang korbannya berdarah-darah atau anggota tubuhnya termutilasi. Maksudnya mungkin menyebarkan hal yang sebenarnya, tetapi hal itu tentu membuat keluarga korban terasa lebih sedih dan menyayat. Selain prinsip sosial, norma-norma agama juga harus diterapkan dalam bermedsos. Contohnya jangan sampai seorang suami mengunggah foto istri yang sedang tidak berjilbab, meski di mata suami, hal itu halal-halal saja melihat istrinya. Ingat! dia halal buat suaminya pribadi, tapi dari sisi sosial-agama Islam, hal itu tidak dibenarkan. Menguggah foto harus mempertimbangkan apakah hal itu tidak melanggar norma sosial maupun agama kita.

3. Hindari sering update status aktivitas yang sedang dilakukan.
Selalu update status kegiatan yang sedang dilakukan juga kadang membahayakan. Karena dengan begitu orang lain dapat mengawasi gerak gerik anda sehingga mengetahui kegiatan anda sehari-hari. Misal update status sedang liburan, dengan begitu orang lain yang mungkin punya niatan buruk bisa merencanakan tindak kejahatan pada rumah/tempat yang anda tinggalkan.

4. Rahasia adalah rahasia
Semua orang punya rahasia yang tidak boleh kita ceritakan sesuka kita, apalagi rahasia tersebut merupakan aib seseorang. Bayangkan saja jika rahasia anda disebarkan oleh orang lain, tentu sakit bukan? Rahasia ini meliputi urusan prifat yang layak hanya diketahui diri sendiri atau keluarga, aib, atau hal remeh yang bagi pemiliknya merupakan aib sehingga tidak boleh diketahui orang lain. Dalam agama juga sebisa mungkin kita menyimpan aib yang dimiliki oleh orang lain. Aib sendiri saja kita tidak boleh mengumbar, apalagi aib orang lain.

5. Medsos bukan satu-satunya tempat curhat.
Curhat yang tidak baik di sini adalah ungkapan-ungkapan isi hati semuanya ditumpahkan di medsos. Ada baiknya uneg-uneg pribadi atau masalah yang sekiranya tidak layak diketahui orang dibincangkan dengan keluarga atau teman dekat kita saja, atau kalau mau hebat lagi curhatnya pada Tuhan. Misal sedang menghadapi masalah keluarga, sedang diuji Tuhan dengan rezeki yang sempit, atau belum mendapatkan jodoh. Dengan mengungkapkan tiap kepiluan yang kita alami menunjukkan sikap pribadi yang cengeng dan mudah mengeluh. Toh ketika hal itu diungkapkan di medsos, apa teman-teman kita malah salut dan membantu kita, rasanya tidak. Bukan berarti kita tidak boleh curhat dalam masalah kita, tetapi carilah tempat curhat yang lebih bijak dan memberikan solusi seperti orang tua, saudara, dan selalu berdoa pada Tuhan untuk dimudahkan urusannya. Ingat pula, Tuhan mengasihi hambanya dengan berbagai ujian, salah satunya adalah dengan ujian hidup. Dengan sikap tegar dan tidak mengumbarnya di media sosial bisa jadi akan menjadi nilai keikhlasan dan kesabaran yang ada pada diri kita.

6. Medsos itu bebas berekspresi, tapi lihat sikon dan situasi
Cerdas-cerdaslah anda dalam bermedsos. Sebelum bikin status, atau posting sesuatu sehingga dilihat teman-teman kita, pertimbangkanlah dulu masak-masak apakah postingan anda pantas dari sisi agama, tidak melanggar nilai sosial, memberi dampak positif pada teman-teman. Jika sudah, maka silahkan Anda bebas untuk bermedsos secara bijak sehingga memberikan manfaat, inspirasi dan dampak positif pada teman-teman medsos Anda.


Selamat bermedsos!

COMMENTS

Name

Akademik,3,BEM Fakultas Dakwah,4,BEM Fakultas Tarbiyah,6,BEM Pusat,4,Berita,57,Coretan TERKINI,8,Dema Fakultas Tarbiyah,2,Entertainment,11,GALERI,28,Hari Santri Nasional,3,HMPS PMI,13,HMPS PS,11,HOT NEWS,62,Integrasi,4,IPMAFA,11,Kegiatan,46,KKN,4,KPIDay,3,Ma'had Jamiah,38,MAHASISWA,14,Mahasiwa,11,MEME,15,PATI,1,PBA,3,PBA IPMAFA,9,Peace Promotion,2,Pendidikan,5,PMB,4,Prodi KPI,9,Prodi PBA,13,Prodi PGMI,7,Prodi PIAUD,4,Prodi PMI,23,Prodi PS,14,Prodi ZAWA,4,PSSMB 2017,8,Pusat Studi Peace Promotion,5,Quotes,18,Ramadhan,1,Sekolah Pemberdayaan,7,STIEF,2,Tentang OASE,1,TERKINI,33,Tips,7,UKM,1,VIDEO,15,
ltr
item
OASE IPMAFA: Enam Tips BerMedsos
Enam Tips BerMedsos
https://2.bp.blogspot.com/-la5b8FmfG7w/We6fXirQtgI/AAAAAAAAJL8/BWrnPcsSiGUz0_R67niWQATRB4bl9d8PgCLcBGAs/s400/medsos.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-la5b8FmfG7w/We6fXirQtgI/AAAAAAAAJL8/BWrnPcsSiGUz0_R67niWQATRB4bl9d8PgCLcBGAs/s72-c/medsos.jpg
OASE IPMAFA
http://www.oaseipmafa.com/2017/10/enam-tips-bermedsos.html
http://www.oaseipmafa.com/
http://www.oaseipmafa.com/
http://www.oaseipmafa.com/2017/10/enam-tips-bermedsos.html
true
4539175063637905841
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy