Mengapa orang cerdas cenderung atheis

PATI -  Pertanyaan tentang mengapa orang yang lebih cerdas menjadi ateis sebenarnya sudah muncul sejak zaman Romawi dan Yunani Kuno.  Hu...



PATI - Pertanyaan tentang mengapa orang yang lebih cerdas menjadi ateis sebenarnya sudah muncul sejak zaman Romawi dan Yunani Kuno. Hubungan antara kecerdasan dan agama dapat dijelaskan jika agama dianggap sebagai naluri, dan kecerdasan merupakan kemampuan seseorang dalam melampaui naluri.

Inilah usul dari Edward Dutton dari Ulster Institute for Social Research di Inggris, dan Dimitri Van der Linden dari Rotterdam University di Belanda, dalam sebuah artikel di Evolutionary Psychological Science jurnal Springer.
Kedua penulis ini mengusulkan adanya Model Asosiasi Ketidakcocokan-Kecerdasan.
Model ini mencoba menjelaskan mengapa bukti sejarah dan data survei terbaru di berbagai negara dan antarkelompok mendukung adanya sifat yang berbanding terbalik antara kecerdasan dan agama.
Model tersebut didasarkan pada gagasan mengenai prinsip Savana-IQ milik psikolog evolusioner, Satoshi Kanazawa.
Menurutnya, perilaku manusia akan selalu berlabuh di lingkungan dimana nenek moyang mereka berkembang.
Dutton dan Van der Linden berpendapat bahwa agama harus dianggap sebagai suatu naluri atau domain berkembang yang terpisah.
Sementara itu, kecerdasan memungkinkan manusia untuk melampaui naluri mereka.
Kemampuan melampaui naluri sangat menguntungkan, karena dapat membantu manusia dalam memecahkan masalah.
"Jika agama adalah domain yang berkembang, maka itu adalah naluri, dan kecerdasan—dalam memecahkan masalah secara rasional—dapat dipahami sebagai kemampuan mengatasi naluri dan merupakan sifat penasaran yang intelektual. Kemampuan itu dapat membuka kemungkinan non-naluriah’, jelas Dutton.
Dalam proposal Model Asosiasi mereka, Dutton dan Van der Linden juga menyelidiki hubungan antara naluri dan stres.
Menurut mereka, naluri manusia cenderung beroperasi ketika stres.
Dengan menjadi cerdas, manusia dapat melampaui naluri mereka selama masa-masa penuh tekanan.
"Jika agama memang sebuah domain yang berkembang layaknya naluri, maka akan semakin tinggi pada saat stres. Ketika stres, orang cenderung bertindak secara naluriah. Ada bukti jelas untuk ini,” kata Dutton.
"Ini juga berarti bahwa kecerdasan memungkinkan kita untuk dapat berhenti sejenak dari segala situasi dan konsekuensi yang mungkin timbul dari tindakan kita”, imbuhnya.
Para peneliti percaya bahwa orang yang tertarik pada hal-hal diluar naluri berpotensi menjadi problem solver yang lebih baik.
"Ini penting. Dalam ekologi yang berubah, kemampuan memecahkan masalah akan dikaitkan dengan meningkatnya naluri kita. Hal itu membuat kita tertarik pada ketidakcocokan evolusioner," tambah van der Linden.
Berita ini dikutip dari Kompas.com denga judul "Terungkap, Alasan Orang Cerdas Cenderung Jadi Ateis"

COMMENTS

Name

Akademik,3,BEM Fakultas Dakwah,4,BEM Fakultas Tarbiyah,6,BEM Pusat,4,Berita,57,Coretan TERKINI,8,Dema Fakultas Tarbiyah,2,Entertainment,11,GALERI,28,Hari Santri Nasional,3,HMPS PMI,13,HMPS PS,11,HOT NEWS,62,Integrasi,4,IPMAFA,11,Kegiatan,46,KKN,4,KPIDay,3,Ma'had Jamiah,37,MAHASISWA,14,Mahasiwa,11,MEME,15,PATI,1,PBA,3,PBA IPMAFA,9,Peace Promotion,2,Pendidikan,5,PMB,4,Prodi KPI,9,Prodi PBA,13,Prodi PGMI,7,Prodi PIAUD,4,Prodi PMI,23,Prodi PS,14,Prodi ZAWA,4,PSSMB 2017,8,Pusat Studi Peace Promotion,5,Quotes,18,Ramadhan,1,Sekolah Pemberdayaan,7,STIEF,2,Tentang OASE,1,TERKINI,33,Tips,7,UKM,1,VIDEO,15,
ltr
item
OASE IPMAFA: Mengapa orang cerdas cenderung atheis
Mengapa orang cerdas cenderung atheis
https://1.bp.blogspot.com/-HBmFgA62OLE/WeGb3moiqPI/AAAAAAAAC_Y/Y4qW42Z4zEEsFjhUGQgc4o5_vREuGxVigCLcBGAs/s640/41736-benarkah-orang-orang-cerdas-lebih-cenderung-menjadi-ateis-begini-penjelasannya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-HBmFgA62OLE/WeGb3moiqPI/AAAAAAAAC_Y/Y4qW42Z4zEEsFjhUGQgc4o5_vREuGxVigCLcBGAs/s72-c/41736-benarkah-orang-orang-cerdas-lebih-cenderung-menjadi-ateis-begini-penjelasannya.jpg
OASE IPMAFA
http://www.oaseipmafa.com/2017/10/mengapa-orang-cerdas-cenderung-atheis.html
http://www.oaseipmafa.com/
http://www.oaseipmafa.com/
http://www.oaseipmafa.com/2017/10/mengapa-orang-cerdas-cenderung-atheis.html
true
4539175063637905841
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy