Dakwah Ekonomi Syari'ah, Peran Media Sosial Sangat Dibutuhkan

"Kenapa memaksimalkan peran media sosial sebagai sarana dakwah ekonomi syari'ah menjadi sangat penting? Ini dikarenakan pada zama...

"Kenapa memaksimalkan peran media sosial sebagai sarana dakwah ekonomi syari'ah menjadi sangat penting? Ini dikarenakan pada zaman sekarang, media sosial sangat efektif jika digunakan secara maksimal untuk meningkatkan taraf ekonomi." Jelas Fahmi Azizi, selaku ketua dari FOSSEI Jawa Tengah dalam sambutannya di sebuah forum pelatihan yang diselenggarakan atas kerjasama DEMA (Dewan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Syari'ah dan Ekonomi Islam bersama STIEF Institut Pesantren Mathali'ul Falah.

Dengan tema memaksimalkan peran media sosial sebagai sarana dakwah ekonomi syari'ah, seminar yang dimulai sabtu (23/12/17) tadi, rencananya akan diakhiri besok jika semua pelatihan telah usai.  Memang apa saja pelatihan yang akan diberikan? Seminar dan Pelatihan Pengelolaan Media Sosial yang diikuti oleh mahasiswa lintas kampus ini, akan memberikan berbagai pelatihan teknik dasar pembuatan website, bagaimana cara menulis berita hingga pelatihan untuk membuat desain grafis.

Namun sebelum itu.. dalam sambutannya, bapak Dimyati selaku wakil rektor I menyampaikan harapannya.  "Potensi ini akan menjadi luar biasa jika dipakai sebagai modal ekonomi, jika tidak kecanggihan teknologi hanya akan menjadi sebuah sampah informasi.  Maka dari itu pelatihan ini diharapkan dapat membuka wawasan untuk menggali potensi yang bisa di maksimalkan, dan semoga kemampuan praktis bisa diperoleh dalam kesempatan ini" jelas beliau panjang lebar.

Bapak Muhammad Sururi (TV 9) selaku narasumber, beliau memaparkan bahwa dalam ekonomi syari'ah yang terpenting harus memenuhi 5 prinsip.  Yakni kejujuran, amanah, saling membantu, adil dan konsisten.  Jika barat dan china saja bisa menerapkan sistem seperti itu, kenapa ekonomi syari'ah tidak?

Berbicara mengenai peran media sosial dalam dakwah ekonomi syari'ah, tentu ada beberapa faktor yang harus disinkronisasikan menjadi satu kesatuan. Mulai dari media sosial, dakwah dan ekonomi syari'ah itu sendiri.  Lalu, apa perannya masing-masing?

Yang pertama media, tentu memiliki peran yang sangat penting untuk mendakwahkan ekonomi syari'ah.  Media sosial merupakan suatu saluran atau channel untuk memberitahu masyarakat luas mengenai ekonomi syari'ah yang berupa :  apa pengertiannya, bisnis, kegiatan, penyadaran dan sebagainya.  Disamping itu, media telah menjadi bagian dalam sistem ekonomi syari'ah.  Sebab melalui media sosial, anda bisa menjadikannya untuk pelaporan tanggung jawab, kejujuran informasi, keterbukaan dan lain-lain.

Yang kedua ialah dakwah, dakwah merupakan penyampaian pesan berupa ekonomi syari'ah kepada penerima pesan.  Jadi ketiga hal tadi harus dikaitkan erat agar dakwah ekonomi syari'ah bisa terbantu karena adanya peran media sosial.

Terakhir, bapak Sururi sangat berharap agar setelah acara berakhir akan ada yang mengambil tanggungjawab untuk mempraktekkan semua ilmu nantinya supaya pelatihan ini tidak sia-sia belaka. (Ast)

COMMENTS

Name

Akademik,3,BEM Fakultas Dakwah,4,BEM Fakultas Tarbiyah,6,BEM Pusat,4,Berita,57,Coretan TERKINI,8,Dema Fakultas Tarbiyah,2,Entertainment,11,GALERI,28,Hari Santri Nasional,3,HMPS PMI,13,HMPS PS,11,HOT NEWS,62,Integrasi,4,IPMAFA,11,Kegiatan,46,KKN,4,KPIDay,3,Ma'had Jamiah,38,MAHASISWA,14,Mahasiwa,11,MEME,15,PATI,1,PBA,3,PBA IPMAFA,9,Peace Promotion,2,Pendidikan,5,PMB,4,Prodi KPI,9,Prodi PBA,13,Prodi PGMI,7,Prodi PIAUD,4,Prodi PMI,23,Prodi PS,14,Prodi ZAWA,4,PSSMB 2017,8,Pusat Studi Peace Promotion,5,Quotes,18,Ramadhan,1,Sekolah Pemberdayaan,7,STIEF,2,Tentang OASE,1,TERKINI,33,Tips,7,UKM,1,VIDEO,15,
ltr
item
OASE IPMAFA: Dakwah Ekonomi Syari'ah, Peran Media Sosial Sangat Dibutuhkan
Dakwah Ekonomi Syari'ah, Peran Media Sosial Sangat Dibutuhkan
https://2.bp.blogspot.com/-SNUTep4nXTA/Wj5iZpFf_-I/AAAAAAAAAFw/WSUYxJXiTSEGfMRfUbu3UuDoi8LVYBkrwCLcBGAs/s320/IMG-20171223-WA0024.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-SNUTep4nXTA/Wj5iZpFf_-I/AAAAAAAAAFw/WSUYxJXiTSEGfMRfUbu3UuDoi8LVYBkrwCLcBGAs/s72-c/IMG-20171223-WA0024.jpg
OASE IPMAFA
http://www.oaseipmafa.com/2017/12/dakwah-ekonomi-syariah-peran-media.html
http://www.oaseipmafa.com/
http://www.oaseipmafa.com/
http://www.oaseipmafa.com/2017/12/dakwah-ekonomi-syariah-peran-media.html
true
4539175063637905841
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy