FILANTROPI ISLAM DI ERA DIGITAL

Kata filantropi diserap dari bahasa yunani yang berarti tindakan seseorang yang mencintai sesama manusia serta nilai kemanusiaan, sehingga...

Kata filantropi diserap dari bahasa yunani yang berarti tindakan seseorang yang mencintai sesama manusia serta nilai kemanusiaan, sehingga menyumbangkan waktu, uang, dan tenaganya untuk menolong orang lain. Istilah ini umumnya diberikan pada orang-orang yang memberikan dana untuk amal.

Hampir sama dengan pengertian yang ada, filantropi Islam didefinisikan sebagai pemberian amal (charity) untuk mempromosikan keadilan sosial dan maslahat bagi masyarakat umum. Wujud nyata dari filantropi ialah perilaku kedermawanan untuk membangun baiknya relasi sosial antara si kaya dan miskin. Intinya, kegiatan filantropi terjadi untuk mendorong terciptanya kesejahteraan dan kemaslahatan bersama.

Filantropi atau yang biasa disebut dengan kedermawanan ini bukanlah hal baru dalam sejarah islam, melainkan telah menjadi salah satu bagian penting dalam ajaran islam itu sendiri. Karena filantropi Islam adalah salah satu bentuk ajaran Islam mengenai kepedulian dan keadilan sosial bagi sesama manusia, yang sama pentingnya seperti ibadah sholat. Jika ibadah sholat menjadi salah satu cara untuk menjalin hubungan baik dengan Allah, maka kedermawanan merupakan cara untuk menjalin hubungan baik dengan sesama manusia.

Dalam beberapa ayat Al-Qur'an maupun hadits kita dapat menemukan jika ajaran Islam sangat menganjurkan kedermawanan, apapun bentuknya. Misal saja anjuran zakat dalam (QS. At-Taubah, 9 : 103) yang artinya : "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Meskipun demikian. Filantropi islam tidak hanya berpaku pada zakat, karena memang memiliki cakupan yang lebih luas dari itu. Mulai dari kedermawanan yang sifatnya material seperti zakat, wakaf, infak dan sedekah. Hingga kedermawanan yang bersifat spiritual, misal saja senyum yang sudah bisa dianggap sebagai salah satu bentuk kedermawanan.

Di Indonesia sendiri filantropi islam telah dimulai sejak agama Islam masuk ke bumi Nusantara pada abad 8 - 9 M, namun gerakannya baru mulai nampak ketika kerajaan Islam berjaya. Ini dibuktikan dengan banyaknya pembangunan masjid dan pesantren yang terjadi pada abad 12 M.  Sejak saat itu masjid dan pesantren menjadi institusi yang menumbuhkan gerakan filantropi bagi masyarakat muslim.

Bahkan, masjid pada saat itu telah menjadi bait al-maal yang berfungsi untuk menyimpan zakat dari masyarakat. Dan ketika masa penjajahan belanda, bait al-maal ini disahkan oleh pemerintah dengan nama Moskeeskas. Berdasarkan sejarahnya di Indonesia, pada masa lampau kegiatan lembaga filantropi masih sangat sederhana dan tradisional sehingga kurang berkembang. Belajar dari masa lalu, hingga saat ini sudah banyak lembaga filantropi di Indonesia yang menerapkan manajemen lebih baik dan tentunya modern. Khususnya dalam menemukan terobosan baru fundraising menjadi sistem donasi online.

Memasuki era digital,  tidak sedikit pemuda melek teknologi sudah banyak yang meninggalkan transaksi secara langsung. Atau dengan kata lain, transaksi online sedang naik daun. Menanggapi hal ini, fitur donasi online sangat berguna untuk mempermudah penghimpunan dana. Mengingat kemudahan yang akan diperoleh donatur ketika hendak mendonasikan dana tanpa perlu repot-repot mencari kantor lembaga filantropi yang mungkin saja jauh dari tempat mereka berada.

Bahkan dengan adanya sistem donasi online, lembaga tidak perlu repot-repot membangun citra. Karena integritas, akuntabilitas serta  dengan sendirinya akan terbentuk karena transparansi dana yang otomatis tertera dalam website.

Terobosan baru ini (sistem donasi online) tentunya sangat selaras dengan generasi z yang menginginkan kehidupan instan (baca : tidak ingin repot). Imbasnya? Yang tidak mengikuti perkembangan zaman pasti tidak akan mampu bersaing dengan lembaga yang terus melahirkan inovasi baru yang lebih kreatif dan inovatif.

COMMENTS

Name

Akademik,3,BEM Fakultas Dakwah,4,BEM Fakultas Tarbiyah,6,BEM Pusat,4,Berita,57,Coretan TERKINI,8,Dema Fakultas Tarbiyah,2,Entertainment,11,GALERI,28,Hari Santri Nasional,3,HMPS PMI,13,HMPS PS,11,HOT NEWS,62,Integrasi,4,IPMAFA,11,Kegiatan,46,KKN,4,KPIDay,3,Ma'had Jamiah,38,MAHASISWA,14,Mahasiwa,11,MEME,15,PATI,1,PBA,3,PBA IPMAFA,9,Peace Promotion,2,Pendidikan,5,PMB,4,Prodi KPI,9,Prodi PBA,13,Prodi PGMI,7,Prodi PIAUD,4,Prodi PMI,23,Prodi PS,14,Prodi ZAWA,4,PSSMB 2017,8,Pusat Studi Peace Promotion,5,Quotes,18,Ramadhan,1,Sekolah Pemberdayaan,7,STIEF,2,Tentang OASE,1,TERKINI,33,Tips,7,UKM,1,VIDEO,15,
ltr
item
OASE IPMAFA: FILANTROPI ISLAM DI ERA DIGITAL
FILANTROPI ISLAM DI ERA DIGITAL
https://1.bp.blogspot.com/-lTJ0aXdsXGM/WvWMktWqd8I/AAAAAAAAAIY/nzt4QwPokdw1iUBrvBZPPXzco6qnykLTQCLcBGAs/s320/IMG_20180511_192817.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-lTJ0aXdsXGM/WvWMktWqd8I/AAAAAAAAAIY/nzt4QwPokdw1iUBrvBZPPXzco6qnykLTQCLcBGAs/s72-c/IMG_20180511_192817.jpg
OASE IPMAFA
http://www.oaseipmafa.com/2018/05/filantropi-islam-di-era-digital.html
http://www.oaseipmafa.com/
http://www.oaseipmafa.com/
http://www.oaseipmafa.com/2018/05/filantropi-islam-di-era-digital.html
true
4539175063637905841
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy