Berita

Post Top Ad

Senin, 27 Agustus 2018, Institut Pesantren Mathali’ul Falah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Succes Skills Mahasiswa Baru (PSSMB) sebagai orientasi pengenalan lingkungan kampus untuk mahasiswa baru.

Pelatihan ini diketuai oleh Athourrohman Said dan diselenggarakan mulai pagi hingga sore dari hari senin sampai jum’at pagi. Diikuti oleh 320 mahasiswa baru dari semua program studi.
Rangkaian kegiatan ini meliputi Pengenalan Akademik, Pengenalan Program Studi, Pengenalan Kegiatan Kemahasiswaan, Seminar HAM perspektif Gender, Pelatihan Neurolinguistic Programming forAcademic (NLP).

Seminar Anti Radikalisme dan outbond sampai pentas seni pada malam puncak PSSMB.
Selain itu Pusat Studi Peace Promotion turut memeriahkan rangkaian kegiatan ini dengan mengisi seminar Islam Ramah Bukan Islam yang marah yang disampaikan oleh Direktur Pusat Studi ibu Kamilia Hamidah, MA dan dilanjut Training for Peace oleh tim training. Dalam materi seminar, ibu Kamel menyampaikan bagaimana kontekstualisasi ajaran Islam sebagai pilar pembangunan perdamaian.

Kegiatan dilanjutkan dengan membagi peserta PSSMB kedalam kelompok-kelompok kecil dan dipandu oleh Tim Training dari Peace Promotion; Niam, Ghofur, Maya, Nasrul, Nurul, Robi’, Rona, Nisa’ Hariroh, Ima, Jayyidah, dan Erlina. Dalam sesi ini melanjutkan materi seminar dengan simulasi dan praktik serta permainan-permainan dan yel-yel untuk memancing rasa emosional para peserta. Para peserta diajak dialog mengenai peran manusia dalam pelestarian lingkungan serta membongkar prasangka dan menolak ujaran kebencian.

Harapannya mahasiswa Institut Pesantren Mathali’ul Falah memiliki prinsip cinta damai dan rasa toleransi yang tinggi mengingat generasi muda sekarang mudah terpengaruh oleh kelompok-kelompok radikal serta menyebarkan ujaran kebencian terutama di media sosial.

Apalagi IPMAFA yang notabene kampus riset berbasis nilai-nilai pesantren, memiliki prinsip dan nilai yang dilestarikan dan diturunkan oleh para masyayikh sejak dulu. Nilai-nilai itu mengkristal menjadi Nilai Dasar Sholih Akrom yang menjadi nilai pijakan para santri. (NM).

Foto-foto kegiatan lainnya :



No comments:

Post a comment

Post Top Ad