Berita

Post Top Ad


Pucakwangi- Empat puluh lima hari sudah mahasiswa PBA (Pendidikan B.Arab) kampus IPMAFA melakukan kegiatan PPL di  MA Matholi’ul Huda Pucakwangi. Jika di awal pembukaan masing-masing mahasiswa masih merasa belum siap dan nervous untuk mengajar dan bertemu para siswa, di penutupan kali ini para praktikan merasakan suasana haru dan berat meninggalkan lembaga yang telah membukakan pintu lebar kepada para praktikan, yang telah bersedia membimbing dan menyediakan tempat berlatih mentransfer ilmu.




 Ada yang unik dari Kegiatan PPL prodi PBA ini, yakni para mahasiswa selain melakukkan kegiatan PPL juga diwajibkan mondok. PPL MMH Pucakwangi yang dimulai pada 9 Oktober lalu, bermukim di pondok Netral dengan pengasuh Ibu nyai Azzah, salah satu pondok Al-qur’an metode Qiroati yang berada di Pucakwangi, dukuh Sokopuluhan. 

Kegiatan yang sebelum penutupan pada 22 November  kemarin, merupakan salah satu kegiatan praktik intrakurikuler untuk mahasiswa, berbentuk latihan mengajar dan tugas-tugas kependidikan lainnya secara terbimbing dan terpadu untuk pembentukan kompetensi keguruan,- khususnya di sini terkait bidang pendidikan bahasa Arab- yang merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa semster 7 kampus IPMAFA, Pati. 

Selain mengajar mapel B. Arab, di MMH Pucakwangi, para calon agen ilmu ini juga diberikan amanah mengampu mata pelajaran yang terhimpun salaf, diantaranya Hadis, Tafsir, Balaghoh,Tahrir, dsb. dan menjadi pengalaman tersendiri ketika para praktikan dengan basis B.Arab diamanahi mengampu  mapel non-arab,eperti halnya ke-NU-an, Akidah, Sejarah, Sosiologi, SKI (Sejarah Kebudayaan Islam), Matematika, B.Inggris.


No comments:

Post a comment

Post Top Ad