Berita

Post Top Ad



PATI – “Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang diadakan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) TERMA dari Sekolah Tinggi Agama Islam Pati (STAIP) menggugah kami dari KAMADIKSI IPMAFA (Keluarga Bidikmisi Institut Pesantren Mathali’ul Falah) untuk mengikutinya”, tutur Latifah, Mahasiswa Penerima Bidikmisi. Kegiatan berlangsung dua hari (14-15/12/2018) dengan tema yang diusung “MELEK JURNALIS KAMPUS”. Sayangnya, meskipun menghadirkan 3 Narasumber yang berkompeten dalam bidang jurnalistik, diantaranya dari Wartawan Suara Merdeka, Pimred serad.id, serta Jurnalis rtv, partisipasi peserta cukup rendah.
“Namun tak menjadikan kehangatan antara peserta dengan narasumber sirna, justru lebih terasa.” Ucap Maulida, anggota Kamadiksi yang juga ikut bergabung PJTD.
Dalam materi pertama tentang ilmu dasar jurnalis, dibahas secara mendalam dalam kegiatan ini, dimulai dari menentukan isu, ide, membuat essay, serta tips-tipsnya. Disampaikan Edy, narsum pertama bahwa mendogkrak ketertarikan seseorang pada membaca tulisan yang telah dibuat pertama; penting untuk merestart minat dari diri sendiri, kedua; membuat forum kecil, Ketiga bersilaturahmi ke LPM Kampus lain disekitar.
Materi Kedua membahas tentang Kode etik Jurnalistik, yang dinarasumberi Zakki, Pimred serad.id dengan pembawaan yang lebih santai sehingga peserta lebih aktif tanya jawab. Pembahasan detail mengenai etika peliputan, etika wawancara, sikap idependensi jurnalis, sikap Apatis, dan sensitifitas yang dimiliki jurnalis. Seorang wartawan  patut mengasah kejelian dalam menangkap seseuatu yang dilihat menjadi sebuah informasi yang dapat diberitakan. Pengetahuan, pembehendaraan informasi sangat berpengaruh didalamnya.
Materi yang terakhir mengenai berita, dan teknik dalam wawancara. Ditekankan persiapan matang sebelum mewawancarai narasumber, dan selalu menghargai waktu. Mengusahakan 30 menit datang lebih awal, membuat list pertanyaan, peka tterhadap kondisi narasumber, serta diusahakan memiliki banyak stock berita untuk dapat selalu diupdate oleh redaktur.

No comments:

Post a comment

Post Top Ad