Berita

Post Top Ad
















Pati, Jum'at/29 Maret 2018, Musyrif/ah khususnya Sie. Bidang Peribadatan adakan Pelatihan Ubudiyah "Mengurus Jenazah" sebagai wadah belajar praktis dalam mengurus jenazah yang mana akan selalu ditemui dan diterapkan dimasyarakat. Pelatihan kali ini bertempat di Masjid IPMAFA, yang dihadiri oleh mahasiswa baru yang sangat antusias mengikuti keberlangsungan kegiatan.
Pelatihan kali ini sedikit berbeda dengan yang sebelumnya. Pada pelatihan kali ini lebih difokuskan pada praktek dibandingkan hanya sekedar teori. Dipandu oleh oleh Bapak Muh. Syukron Adib, Modin dari Bakalan, Pati. Beliau ajak para mahasiswa yang hadir mempraktekkan seluruh prosesi yang ditemui sehari-hari dalam mengurus jenazah, diantaranya mengenai bagaimana cara menjenguk yang sakit, bagaimana memperlakukan sesorang yang dalam sakaratul maut, bagaimana langkah dalam mengurus jenazah sesaat setelah tiada. Hal- hal yang detail saat diperhatikan dan dipraktekkan karena sering kali yang terjadi dimasyarakat justru kerabat terburu-buru menghubungi Modin, Keluarga dekat, maupun meninfokannya ke Masjid terdekat, dan justru melalaikan mayat saudara atau kerabat yang telah tiada.
Semua dipraktekkan secara bergiliran, baik mahasiswa maupun mahasiswi termasuk pula bagaimana memandikan, mengkafani, si mayyat dengan tepat, tertib dan sesuai syariat.
“Jenazah butuh segera diurus, hal-hal yang sering terjadi dikita adalah takut untuk mengurus, dan tidak tau harus melakukan apa, bahkan adapula yang tidak nyaman bila disuruh mengurus jenazah kerabat kita sendiri. Padahal mengurus jenazah tak harus menjadi seorang modin, tetapi selaku sesama muslim wajib bagi kita mengurusnya.” Ungkap beliau.

No comments:

Post a comment

Post Top Ad