Berita

Post Top Ad


Berita Ipmafa - Baru-baru ini mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Program Studi PMI VII Institut Pesantren Mathali’ul Falah (Ipmafa) turut serta menyukseskan kegiatan YES I DO bertemakan  Tecnial Asistensi Peer Educaror (TAPE) yang digelar Aliansi Remaja Independen (ARI).
Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung MTS Al-Bakriyat Desa Menoro, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang tersebut bertujuan memberikan edukasi kesehatan terhadap anak, remaja hingga dewasa melalui kegiatan penyuluhan dan pelatihan.
Dengan program YES I DO tersebut, para peserta mendapatkan bekal pengetahuan supaya memiliki motivasi untuk aktif dalam kegiatan-kegiatan yang positif.
Selain ARI ada juga Pekumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Rembang dan Perkumpulan Untuk Peningkatan Usaha Kecil (PUPUK) yang turut serta menyukseskan kegiatan tersebut.
PKBI memberikan edukasi mengenai kesehatan terutama bidang reproduksi seks dan juga gender, sedangkan PUPUK memberi edukasi kepada para peserta tentang ekonomi.

Dalam kegiatan tersebut, tim pelaksana berjumlah 11 orang yang terdiri dari tim ARI sejumlah 5 orang, PUPUK 1 orang dan dari PKBI sejumlah 5 orang, serta 19 peserta sebagai perwakilan dari sekolah, baik SD ataupun MTS sederajat di sekitar Kecamatan Sedan.
Bergabungnya tiga organisasi tersebut bertujuan untuk saling melengkapi demi mewujudkan efektifitas kegiatan.
Kurang sentuhan
Termasuk salah satu latar belakang kegiatan edukasi tersebut diadakan di Kecamatan Sedan dan sekitarnya dikarenakan daerah tersebut kurang tersentuh dengan pembangunan ataupun pemberdayaan, baik bidang ekonomi, kesehatan dan lain sebagainya.
Dengan program-program yang dicanangkan, diharapkan para remaja terdorong untuk berperan aktif mewujudkan SDM unggul dan peka terhadap kesejahteraan lingungan masyarakat.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad