Berita

Post Top Ad



Berita Ipmafa, PUCAKWANGI - Berbagai cara bisa dilakukan para dosen untuk menyukseskan kegiatan Ujian Akhir Mahasiswa. Seperti halnya dosen Institut Pesantren Mathali’ul Falah (Ipmafa) Pati Sumiyati, M.Pd ini. Ia melaksanakan ujian akhir bagi mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) semester V Tahun Akademik 2019/2020 dengan Cipta Tari Kreasi.

Ujian akhir yang dilaksanakan di Kecamatan Pucakwangi tersebut menjadi penentu lulus tidaknya mahasiswa dalam mengikuti matakuliah estetika koregrafi yang diampu oleh dosen yang akrab disapa Bunda Atik oleh para mahasiswanya.

Estetika Koregrafi sendiri merupakan salah satu mata kuliah Program Studi PIAUD Ipmafa yang mengasah kompetensi para calon atau guru PAUD untuk memaksimalkan Perkembangan Seni dan Motorik Anak.


Sebagaimana dilansir dari journal.uny.ac.id estetika koreografi merupakan sarana untuk berekspresi estetis secara kreatif pada anak dimanfaatkan untuk membina dan mengembangkan kreativitas anak pada usia dini.

Sebagai konsep pendidikan seni bagi anak usia dini Estetika koreografi tidak mengajarkan bagaimana menari semata, namun juga mengarah pada pembinaan dan pengembangan kreativitas untuk mengangkat bakat dan potensi yang dimiliki oleh masing-masing siswa.

“Jadi, kalau dalam proses belajar anak dibebaskan mengekspresikan apa yang ada dalam jiwanya baik itu melalui gerakan-gerakan tari. Adapun bebas berekspresi mengkondisikan anak dapat menumbuhkan kreativitas untuk menciptakan sesuatu semakin berkembang dengan baik,” tutur Atik.

Dalam ujian akhir yang diikuti oleh 30 mahasiswa dan dihadiri oleh penilik PAID Kecamatan Pucakwangi tersebut diharapkan ke depan PIAUD Ipmafa dapat dikenal luas oleh masyarakat khususnya wilayah Pati Selatan, serta dapat memberi kontribusi positif bagi perkembangan PAUD di Kota Pati.


No comments:

Post a comment

Post Top Ad