Berita

Post Top Ad


Berita Ipmafa - Selasa pagi (21/1/2020), pukul 08.00 langit mendung mengawali perjalanan peserta Mukhoyam Al-'Arabi Institut Pesantren Mathali’ul Falah (Ipmafa) Pati menuju Puncak Bukit Jollong.
Jangankan mendung, mau hujan deras sekalipun tak akan menyurutkan semangat para peserta untuk tetap melanjutkan perjalanan menuju lokasi wisata yang sudah mereka idam-idamkan selama berpenat ria dalam kegiatan Mukhoyyam Al-‘Aroby.

Selain faktor kedekatan lokasi, agro wisata yang terletak di Kecamatan Gembong Kabupaten Pati tersebut menjadi pilihan melepas lelah dan penat karena menyediakan berbagai lokasi dan fasilitas yang relevan untuk game dan berbagai macam kegiatan.


Dekan fakultas Tarbiyah Ipmafa Ali Subhan, MA, melepas keberangkatan para peserta dengan wejangan dan iringan doa. "Setiap kejadian selalu mengandung ilmu dan pelajaran. Maka jadikanlah Mukhoyam sebagai ladang ilmu dan pelajaran bagi diri kita semua," ucap Ali Subhan.

Selepas doa, peserta Mukhoyam menaiki keenam bus yang telah disediakan panitia menuju Jollong. Tak lebih satu jam, bus sudah sampai di tujuan.

Dalam acara bertajuk ar-rihlah wa al-ikhtitam tersebut, piknik bahasa diisi dengan serangkaian game berbahasa Arab. Terdapat 6 pos yang harus dilalui, yaitu pos ketangkasan menjawab, pos bisik berantai, pos hafalan mufrodat, pos tebak gambar, pos kesan dan pesan selama mukhoyam, dan pos game estafet kelereng dan tepung.




Seluruh rangkaian acara berakhir pukul 11:30 WIB. Segenap jajaran panitia dan peserta Mukhoyam kemudian berkumpul, makan siang bersama, dilanjutkan salat dan jalan-jalan menikmati panorama keindahan agro bukit Wisata Jollong.
Hawa semakin sejuk, hujan sesekali turun, sementara waktu sudah menunjuk pukul 14:00 WIB. Ini artinya rihlah wa ikhtitam di bukit Jollong harus diakhiri sebagai penutup dari seluruh rangkaian acara Mukhoyam Arabi 2020. (hmpspbaipmafa@gmail.com/Redaksi)





No comments:

Post a comment

Post Top Ad