Berita

Post Top Ad



Berita Ipmafa – Meski Kiai Sahal dikenal sebagai sosok alim dalam berbagai disiplin ilmu, dan sangat sibuk meladeni ummat dan para santrinya, namun di tengah kesibukannya itu tak menyurutkan semangat beliau untuk tetap bermuthola’aah dan menulis. Hal itu hingga kini menjadi ciri khas Kiai Sahal yang harus diteladani oleh para santri.


Demikian paparan Direktur Pusat Studi Pesantren dan Fiqh Sosial (PUSAT FISI) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (Ipmafa) Tutik Nurul Jannah, MH dalam kegiatan Bedah Buku bertajuk “Mbah Sahal dan Perjalanan Intelektualnya” pada Jum'at 7 Februari 2020 di Auditorium Gedung Banat Perguruan Islam Mathali'ul ’alah (PIM).

“Beliau Kiai Sahal adalah profil Kiai yang sangat mencintai dan membiasakan muthala'ah, khususnya sebelum mengajar atau menyampaikan pemikiran Beliau kepada khalayak publik,” tutur menantu Kiai Sahal yang akrab disapa Ning Tutik di hadapan 250 santri banat PIM.

Lebih lanjut Ning Tutik memaparkan kebiasaan Kiai Sahal dalam menulis diantaranya karena faktor kuatnya membaca dan kegelisahan beliau dalam menjawab problematika ummat.

Menulis pemikirannya, menuliskan sikapnya terhadap suatu masalah tertentu, hingga manfaat dan maslahatnya dapat dirasakan dalam sekup lebih luas bahkan dapat dipelajari hingga generasi setelah Beliau wafat,” papar Ning Tutik.



Selain teladan membaca dan menulis, Ning Tutik juga memaparkan lebih jauh tentang manaqib atau sketsa perjalanan inteletual dan pergerakan progresif Kiai Sahal. “Hal ini juga yang menjadi tanggungjawab mereka (santri) untuk meneladani dan mengembangkan sikap dan nilai luhur yang diajarkan (Kiai Sahal),” tuturnya.


Kegiatan yang digelar Perpustakaan Mathali'ul Falah bekerjasama dengan PUSAT FISI Ipmafa tersebut disambut antusias oleh para siswi PIM dari tingkat tsanawiyah, wustho, dan aliyah.
Ning Tutik menyampaikan bahwa kegiatan tersebut tidak berhenti saat itu saja, namun akan ada sesi berkelanjutan dalam rangka meneladani sikap Kiai Sahal serta pengembangan pemikiran fiqh sosial beliau. (Redaksi)

No comments:

Post a comment

Post Top Ad