Berita

Post Top Ad



Berita Ipmafa - Sebagai Program studi yang berkonsentrasi pada pengembangan masyarakat, kecintaan dan pelestarian alam adalah kunci utama.

Dalam perkembangan pembangunan beberapa tahun terakhir, hal ini menjadi masalah yang cukup serius untuk diperhatikan. Berbagai program pembangunan dilakukan secara praktis, dan matrealis. Hal ini menyebabkan kemerosotan dalam keseimbangan Bumi.

Menyikapi hal tersebut, melalui berbagai kerjasama dengan beberapa pihak, Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Institut Pesantren Mathali'ul Falah (Ipmafa) Pati terus bergerak melakukan kerja-kerja nyata untuk melakukan pelestarian alam.


Setidaknya dalam dua bulan terakhir, telah terlaksana tiga agenda. Pertama, penanaman mangruve di Pesisir pantai Desa Dororejo Kec. Tayu bersama kelompok petani tambak dan nelayan masyarakat setempat. Kedua, acara tanam pohon di Kec. Sukolilo bekerjasama dengan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia. Sedangkan yang ketiga, penanaman Mangruve bersama komunitas pecinta lingkungan yang diinisiasi oleh Koramil 6 Margoyoso.

Kerja-kerja nyata untuk lingkungan dibarengi dengan kedalaman kajian terkait pengelolaan alam dengan berbagai mata kuliah. Salah satunya adalah Analisis Masalah Dampak Lingkungan (AMDAL).


Dalam Mata kuliah tersebut mahasiswa diajak untuk memahami pentingnya mempertimbangkan lingkungan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan. Tidak hanya berkaitan dengan teori, mata kuliah ini juga mendiskusikan terkait regulasi yang mengatur serta pelaksanaannya di lapangan. (Nur Khoiriyah-Dosen Fak. Dakwah Ipmafa/Redaksi)







No comments:

Post a Comment

Post Top Ad