Berita

Post Top Ad



Berita IPMAFA - Kuliah online di Ipmafa secara masif diterapkan kepada semua mahasiswa sejak 16 Maret 20 sampai akhir bulan. Dosen dan mahasiswa tidak terkendala dalam berkomunikasi terkait kegiatan perkuliahan seperti penyampaian materi, diskusi, tanya jawab, maupun video conference interaktif secara langsung antara dosen dengan mahasiswa.

Prodi KPI juga sudah memberi pembekalan dan pendampingan kepada mahasiswa tentang teknis pelaksanaan e-learning dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). E-learning yang diberikan mencakup pemanfaatan Google Classroom dan Video Conference yang bisa dipakai untuk interaksi deosen dengan mahasiswa baik secara verbal, visual maupun diskusi tertulis.

Bersamaan dengan kegiatan kampus yang serba online, KPI Ipmafa berinisiatif untuk membuat tutorial-tutorial dalam bentuk video yang akan berguna baik bagi dosen maupun mahasiswa. Video tutorial tersebut meliputi panduan e-learning, pemanfaatan IT bagi mahasiswa maupun dosen, sampai penggunaan fasilitas berbasis IT di lingkungan kampus Ipmafa yang masih belum diketahui.

Ketua Prodi KPI, Isyrokh Fuaidi LLM menyampaikan bahwa kampus Ipmafa memiliki fasilitas IT yang cukup baik tetapi masih belum termanfaatkan secara maksimal. Salah satunya adalah penggunaan Google G Suite for Education yang baru dimanfaatkan oleh sebagian kecil mahasiswa. Padahal dari G Suite ini, semua lembaga pendidikan dan perusahaan besar di dunia sudah mengoptimalkan dengan baik.

"Kampus Ipmafa sudah memiliki itu semua, dan banyak perusahaan membayarnya dengan mahal. Sayang kan jika fasilitas itu tidak dimanfaatkan dengan maksimal oleh mahasiswa" tutur Isyrokh.

"Pembuatan video tutorial ini juga sebagai proses edukasi yang lebih mudah diterima oleh mahasiswa sekaligus masyarakat secara umum bahwa kampus Ipmafa selalu memberikan layanan pendidikan terbaik bagi mahasiswanya." tegasnya.

Video tutorial ini akan sangat membantu tidak hanya mahasiswa tetapi juga dosen Ipmafa dan bahkan siapa saja yang ingin mengembangkan sistem pembelajaran berbasis online. Dengan begitu, kegiatan belajar mengajar di Ipmafa selalu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan perilaku masyarakat modern yang serba online dan digital. (Redaksi Ipmafa)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad